Wednesday 7 September 2016

Daging Empuk Dengan Cepat Dan Mudah

Suka kesel gak sih kalau memasak daging ternyata hasilnya mengecewakan gara-gara daging alot, padahal bumbunya sudah enak banget. Daging mahal, eh setelah dimasak malah alot. Dibuang sayang, dimakan kok digigit aja gak bisa. Eits, kali ini aku akan membahas beberapa cara mengempukkan daging dengan cepat dan mudah, mumpung sebentar lagi Idul Adha kan?!

Berikut beberapa cara untuk mengempukkan daging dengan cepat dan mudah:

  • Dibungkus Dengan Daun Pepaya
Aku ingat pelajaran Biologi waktu aku SMA, dalam daun pepaya terdapat enzim yang dapat memecah serat daging sehingga daging bisa lebih empuk ketika dimasak, enzim papain namanya. Bungkus daging dengan daun pepaya, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu masak daging seperti biasa.

  • Diolesi Dengan Kulit Pepaya
Seperti daun pepaya, kulit buah pepaya juga memiliki enzim papain yang memiliki fungsi sama dengan daun pepaya. Caranya olesi daging dengan kulit buah pepaya, diamkan selama kurang llebih 15 menit, lalu masak seperti biasa. Gunakan pepaya yang masih mengkel ya.

  • Juice Nanas atau Kiwi
Kalau cara ini pasti kalian sudah tidak asing kan? Yap, kedua buah ini memiliki enzim yang dapat memecah protein sehingga dapat mengempukkan daging dengan cara alami. Caranya lumuri daging dengan juice nanas atau kiwi, diamkan selama 10 menit, bersihkan daging dari juice buah tadi, lalu masak seperti biasa. Namun jangan terlalu lama ya karena selain mempengaruhi rasa, daging nanti akan terlalu empuk.

  • Memasak Dengan Presto
Aku beri apresiasi tinggi untuk pencipta panci presto, you are genius! Panci presto adalah alat perdapuran yang menurutku wajib dimiliki. Panci presto dapat memudahkan kamu untuk memasak, termasuk mengempukkan daging dengan cepat tanpa berjam-jam merebusnya.

  • Menggunakan Meat Tenderizer Tool
Alat ini memiliki ragam bentuk, ada yang seperti palu ber-spike, berbentuk bulat dengan jarum-jarum di bagian dasarnya. Alat ini akan mengoyak serat-serat yang ada pada daging sehingga daging bisa empuk. Pukul-pukul daging yang sudah dipotong setebal kurang lebih 1,5 senti dengan meat tenderizer tool secara merata. Tetapi jangan terlalu keras ya memukulnya, taktnya juice yanga ada di daging banyak keluar yang menyebabkan daging terasa kurang juicy setelah dimasak.

  • Dimarinasi Dengan Bumbu
Marinate, marinasi, atau merendam dengan bumbu selama waktu tertentu dapat membantu daging empuk dan juga bumbu dapat meresap sampai ke dalam daging secara sempurna. Caranya daging yang sudah dipotong direndam ke dalam bumbu selama 15 menit atau semalaman, baru olah daging sesuai keinginan.

  • Meat Tenderizer Powder
Cara terakhir ini termasuk cara yang, yah kurang baik jika terlalu sering dilakukan. Meat tenderizer powder atau bubuk pengempuk daging merupakan bubuk yg dapat mengempukkan daging dengan mudah dan tidak mengubah rasa daging. Bubuk pengempuk daging ini dapat dijumpai di swalayan maupun pasar. Nah kenapa aku bilang kurang baik jika terlalu sering digunakan? Karena bukan cara alami, bubuk ini mengandung senyawa kimia yang tidak baik jika dikonsumsi terus menerus, yah seperti bumbu penyedap.

Nah demikian cara-cara mengempukkan daging, semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment