Tuesday 14 January 2014

Mie Ayam Ceker Pedas Dan Pangsit Goreng

Kemarin Jumat ceritanya mama nyeletuk lagi pengen mie ayam ceker, sorenya eh ternyata papa juga pengen dibikinin mie ayam. Akhirnya terealisasi hari Sabtunya, padahal hari itu harus ngadep dosen. Untung janjian jam 1 siang, jadi paginya disempet-sempetin masak. Walaupun gak ada yg lupa-lupa sedikit karena gak aku baca ulang paper-nya, tapi alhamdulillah lancar. Eh tapi ternyata masih banyak coretan-coretannya, hiks!

Okay back to topic, resep mie ayam ini hasil imajinasiku tentang mie ayam jawa. Itu loh mie ayam yg bumbunya banyak dan rasanya agak manis, itu kan enak banget tapi sayang udah jarang yang jual karena kalah pamor sama mie ayam bangka atau jakarta atau bandung. Tau kan mie ayam yang cuma gurih aja? Yang ayamnya putih pucet? Menurut aku rasanya kurang greget :p




Seperti biasa aku masak tanpa nyontek resep, cuma modal kira-kira aja jadi gak ada resep kayak biasanya tapi aku coba deskripsikan semampu aku.ayo gunakan insting dan imajinasi kalian, cooking is full of imajination, toh?! Hehe, cheers!

Untuk isiannya aku pake 1/2 dada ayam, bumbunya 5 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 6 cabai besar, jahe, garam dan merica dihaluskan. Tumis bumbu bersama 1 buah cincangan bawang bombay, tumis sampai harum. Nah ini yang agak beda, aku tambahin potongan batang sawi untuk isiannya. Ini bisa nambah earthy flavor dan extra crunhcy di dalamnya. Kalau ngerasa gak yakin, boleh di skip.

Kembali ke tumisan, setelah harum, masukkan bahan lainnya seperti cakar, daging ayam, kecap manis dan kecap asin; kalau mau ada sayurannya bisa ditambah jamur. Ungkep sampai ceker empuk dan kuah mengental, matikan api dan beri minyak wijen sedikit aja; boleh gak pake minyak wijen kalau gak suka. Oke sisihkan.

Nah kalau untuk minyak ayamnya, goreng lemak, kulit dan atau pantat ayam yang sudah dipotong-potong dengan minyak sedikit; goreng sampai kering. Kalau sudah, matikan api dan masukkan bawang putih cincang, aduk dan diamkan sampai minyak dingin dan bawang putih jadi kecoklatan.

Untuk kuah mie ayam bisa pake air panas biasa atau kaldu ayam. Isiannya udah lumayan gurih kok jadi gak perlu pakai kaldu. Tapi kalau mau pake kaldu ya boleh. Kaldu ayam sendiri dibuat dari rebusan tulang ayam, bawang putih dan sedikit lada dan direbus dengan api sedang. Rebus sampai air berkurang 1/4 nya. 

Sekarang untuk pangsitnya, isiannya aku pakai ayam, bawang putih, merica, garam dan kucai yg di haluskan, lalu tambahkan sedikit minyak wijen. Aku gak ada takaran untuk ini karena asal cemplung-cemplung aja. Kalau adonan sudah siap, tinggal bentuk di kulit pangsit, goreng deh! Kalau gak mau ribet, bentu pangsit biasa aja; isiannya taruh di ujung kulit pangsit, olesi air diujungnya, lipat, rekatkan, goreng deh. Gak seribet kelihatannya kok :D

Untuk penataannya, taruh 1sendok makan minyak ayam dan sedikit garam di mangkok. Rebus mie telor dan sawi sampai matang, oh rebus mie jangan kematengan ya biar gak terlalu lembek waktu dimakan. Taruh mie dan sawi di mangkok, aduk rata. Taruh isian diatas mie, taburi dengan potongan daun bawang dan bawang goreng, taruh pangsit goreng dan tuang kuah atau sajikan terpisah. Pokoknya wueeeenak dan pedasnya sopan, gak nyelekit :9

Oh ya aku pakai kulit pangsit dan mie telor yang dijual di supermarket, gak bikin sendiri karena ribet. Biasanya kulit pangsit sama mie-nya ini ada di rak bareng tofu dan kulit lumpia, yang gak pernah belanja bisa tanya ke mbaknya supermarket. Selamat mencoba!


2 comments:

  1. Baru nemu blog ini! aku juga hobi banget makan mi ayam jawa dan aku terheran-heran, canggih banget yaa bisa masak dan bikin kue segala macem, masih muda lagi. Aku 27 taun masih nak nak nuk nuk di dapur, hehe. Lanjutkan! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak dian, salam kenal. banyakin praktek aja mbak, aku juga masih belajar kok :D

      Delete