Thursday 4 February 2016

Silky Pudding Part. 1

Hai hai, jadi di post kali ini aku mau membahas tentang Silky Pudding, si pudding super lembut bagai kasih sayang ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa ~

Jajanan ini sempat populer di tahun 2014 dan mulai booming di kota-kota besar di tahun 2015. Aku kurang paham dessert ini awalnya dari mana, tapi yang aku tahu silky pudding ini pertama kali dari twitter, merk pertama yang aku tahu adalah Puyo Dessert. Aku pikir pudding ini sama dengan pudding kebanyakan, tipikal puding susu atau panna cotta. Sampai akhirnya aku order Puyo waktu main di Jakarta, ternyata beda, lembuuuut banget, tapi sayang sedikit kemanisan buat lidahku..tapi bikin nagih :(

Sampai akhirnya tahun lalu silky pudding hadir di Jogja dengan merk yang berbeda tapi lucunya merknya mirip sekali dengan Puyo, sampai wadah dan logonya. Gak usah sebut merknya, karena orang Jogja pasti tahu, hihi..

Awal booming jajanan ini, aku gak terlalu tertarik untuk tahu resepnya dan mencoba buat karena yah sudah ketahuan intinya pudding susu yang encer. Tapi beberapa waktu lalu aku lihat Youtube chanel-nya Yuda Bustara mempraktekkan resep Silky Pudding. Iseng-iseng cari resep, eh ternyata banyak resep untuk membuat dessert ini. Ada yang membuat dengan campuran Jelly dan Agar-agar bubuk seperti yang dibuat Yuda Bustara, memakai gelatin, dan memakai Jelly saja namun susu sapi dicampur dengan susu kedelai seperti di forum NCC. Nah ternyata banyak cara untuk bikin si lembut Silky Pudding ini yah.

Karena penasaran, resep mana sih yang menghasilkan pudding selembut Puyo, maka aku mencoba resep-resep Silky Pudding yang aku temukan di internet. Resep-resep yang aku akan aku coba yaitu dari resep Kokiku tv, Yuda Bustara, dan juga forum NCC.

Resep pertama yang aku buat dari resep chef Savira dari Kokiku tv. Resep ini menggunakan gelatin. Untuk gelatin yang masuk ke Indonesia berasal dari tulang sapi atau ikan, jadi aman kok.

Seperti biasa, aku mengubah sedikit dari resep aslinya. Dalam resep aslinya menggunakan gelatin lembaran, aku ganti gelatin bubuk karena seadanya yang ada di rumah. Dan untuk takaran gula, aku kurangi, karena menurutku 500 ml cairan ditambah 3 sendok makan gula hasilnya nanti akan terlalu manis. Modifikasi yang terakhir yaitu penambahan air, karena aku pengen pudding yang dihasilkan enggak terlalu milky, jadi sedikit encer dan supaya feeling less guilty tiap nambah :p


Resep Milk Tea Silky Pudding







































Bahan-bahan:
  • 150 ml air panas
  • 3 kantong teh celup (aku pakai black tea)
  • 400 ml susu cair
  • 1/2 sdm gelatin bubuk atau 2 lembar gelatin
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt vanila ekstra

Cara Membuat:
  • Seduh teh dengan air panas. Diamkan sampai dingin.
  • Campurkan bubuk gelatin dengan 3 sendok makan seduhan teh, aduk rata.
  • Rebus gula, susu, dan sisa air teh sampai hampir mendidih. Masukkan vanila, aduk rata. Matikan api.
  • Masukkan campuran gelatin ke dalam rebusan susu, aduk sampai gelatin benar-benar larut.
  • Lalu saring supaya hasilnya benar-benar lembut.
  • Tuang ke dalam gelas, lalu masukkan ke dalam kulkas dan tunggu sampai set (kurang lebih 4 jam)
  • Sajikan.

Praktis banget ya? Dan pastinya lebih ekonomis, hehe...

Untuk rasa bisa divariasikan, teh bisa diganti dengan taro bubuk, green tea bubuk, coklat, atau rasa-rasa lainnya sesuai selera. Bisa juga dibuat menjadi 2 layer atau lebih seperti di resep Kokiku tv. Untuk cara membuatnya bisa cek di sini.







































Hasilnya lembuuut banget dan manisnya pas, hanya saja untuk mendapatkan tekstur seperti di pasaran, pudding harus didiamkan paling tidak semalaman. Nah kekurangan dari resep ini adalah dia tidak bisa tahan lama di suhu ruang, harus selalu dingin karena akan meleleh di suhu ruang. 

Dipraktekkan ya di rumah, semoga berhasil! :)

No comments:

Post a Comment